Brainlifting

2.07 am

Masih dalam waktu menikmati long weekend yang hanya Saya habiskan di Jakarta, dan malam ini saya masih ingin menikmati malam Senin tanpa beban apapun. Tapi, entah kenapa hal yang muncul dalam kepala saya untuk ditulis di blog adalah “Brainlifting”. Hmm, sepertinya sekarang kepala saya mulai cukup terbebani dengan bahasan ini.

Saya mengenal kata “Brainlifting”  dari majalah Toastmaster, club Bahasa Inggris yang sedang saya ikuti. Ternyata, tidak hanya tubuh yang memerlukan exercise agar tetap fit, sehat, dan bugar, melainkan juga Otak manusia.

“How brain exercise boost the ability to generate ideas”

Ide selalu muncul tak terduga dari setiap pemikiran manusia. Kita semua diciptakan dengan tingkat kreativitas dan imajinasi yang sama. Kemudian, Apakah otak manusia akan berkembang atau bahkan menurun tergantung dari kemampuan genetik manusia, kebiasaan, dan aktivitas sehari-hari.

Tahun 2012 lalu, sebuah penelitian menunjukkan adanya perbedaan struktur otak pada sekelompok orang yang diminta mempelajari three ball juggling selama 3 bulan dan sekelompok orang yang hidup normal. Sebelum melaksanakan tantangan tersebut, kedua kelompok mengikuti proses scan otak. Setelah tiga bulan, keduanya mengikuti scan otak kedua kalinya. And the result shown that: Pada otak sekelompok orang yang mempelajari three ball juggling  mengalami peningkatan jumlah neurons pada bagian otak yang berkaitan dengan sensitivitas gerak dan perhatian visual-spasial. Sedangkan, pada otak sekelompok orang yang hidup normal tidak mengalami perubahan.

Penelitian yang dilakukan tidak berhenti disitu saja. Tiga bulan kemudian, scan otak dilakukan kembali untuk ketiga kalinya pada sekelompok orang yang tidak melanjutkan lagi mempelajari three ball juggling. Hasilnya adalah, jumlah neurons tadi is getting lost.  Artinya, workout yang dilakukan harus terus menerus dan jangan sampai berhenti.

Inti dari Brainlifting adalah bagaimana membiasakan otak selalu di-upgrade. Caranya? Coba deh untuk melakukan beberapa hal berikut ini: (1) Work your memory, bisa banget dengan ngisi TTS atau main game yang melatih kita untuk recall memory (2) Do something different, setiap hari coba untuk melakukan sesuatu yang baru, cari dan cari hal apa yang belum pernah kamu lakukan and write it down your feelings after do that! (3) Learn something new, coba open mind dengan sesuatu yang baru, then you will curious to explore that thingsit will influence your brain to thinking! (4) Follow a bran training program, coba deh sesekali mampir ke Lumosity.com that is one of solution for daily brain training exercises. Saya pernah mencoba dan itu membuat saya ketagihan untuk train my brain everyday. 

Then, are you ready to train your brain? Just try and feel the effect…!

Regards,

At tachriirotul M.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s