Forum Peduli Anak Sekolah (FPAS)

Image

Akhirnya, Forum Peduli Anak Sekolah (FPAS) bisa berjalan selama satu periode sejak Januari 2013 lalu. Big thanks to all donatur yang sudah bersedia menyisihkan sebagian uangnya untuk beasiswa pendidikan anak-anak SMP di Parakan-Temanggung, Jawa Tengah. Ohya, saya lupa memperkenalkan FPAS. Forum Peduli Anak Sekolah adalah forum independen, bermula dari pemikiran beberapa mahasiswa Farmasi UGM yang ingin membantu biaya pendidikan bagi anak-anak SMP tidak mampu di Jogja. Kenapa SMP? karena mengacu pada wajib belajar 9 tahun.

Pada perjalanannya, pemberian beasiswa yang saat itu berjalan berbarengan dengan program Biaya Operasional Sekolah (BOS) bagi seluruh siswa SMP tak terkecuali. Di tahun kedua, target beasiswa FPAS pun beralih kepada siswa SMA di jogja, dengan sistem yang masih sama. Tiga tahun program itu berjalan sampai 2011. Kebetulan, saya pernah menjadi koordinator FPAS tahun 2010 dan sangat menyayangkan jika forum tersebut mati.

Awal 2013, muncullah ide untuk kembali menghidupkan FPAS dengan visi misi yang  masih sama, namun target yang berbeda yaitu menyasar anak-anak sekolah di daerah kecil yang (mungkin) masih memerlukan bantuan biaya pendidikan. Sasaran FPAS 2013 ini adalah MTS N 01 Parakan, Temanggung.

Langkah awal cukup berat karena saya bekerja di Jakarta, sedangkan program tersebut akan dilaksanakan di Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. Saya mencoba mengutarakan ide tersebut kepada teman lama dan akhirnya ia bersedia membantu. Btw, Thanks so much to my best friend, Hatta for all supporting. Dengan bantuan teman-teman donatur yang terjaring, FPAS bisa memberi bantuan biaya pendidikan kepada 19 siswa SMP. Dana yang didonasikan didistribusikan setiap bulan di tanggal 10.

Upaya itu terbayar dengan sambutan kepala sekolah yang sangat baik. Harapan mereka terhadap program ini juga besar, semoga tidak hanya berhenti pada pemberian beasiswa, melainkan juga dapat memberikan motivasi dan semangat belajar kepada siswa. We will try ro relize it, pak !

Ohya, FPAS juga sedang mencoba membuat program FPAS peduli perpustakaan. Lagi-lagi, dana dari donatur menjadi salah satu sumber donasi kami. Program ini sudah berjalan satu, yaitu ditujukan pada siswa siswi SD di daerah yang sama, Parakan, Temanggung. Program ini kami prioritaskan bagi daerah yang tidak memiliki akses mudah seperti toko buku besar seperti gramedia. Padahal, buku dapat menjadi sumber ilmu tanpa batas. Sebetulnya target kami sederhana, hanya ingin mengakrabkan mereka dengan buku. Dan saat ini, kami sedang menjalankan program FPAS peduli perpustakaan untuk siswa siswa SMK di desa Kamipang, Kalimantan Tengah.

Tanggung jawab itu memang cukup berat, karena kami dipercaya oleh para donatur untuk menyalurkan dananya. Nah, konsisten menjadi komitmen yang sangat berat. Dan, kami pun menyadari, bahwa sebetulnya pemberian beasiswa dan buku bukan sebuah jaminan dalam meningkatkan pendidikan anak. Namun, kami masih perlu menggerakkan dan memberdayakan siswa maupun guru agar dapat mendorong minat belajar dan minat baca siswa, sehingga tercipta lingkungan yang mandiri.

But, I believe, Someday It will happen !

Salam,

FPAS

Advertisements

One thought on “Forum Peduli Anak Sekolah (FPAS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s